Friday, May 9, 2014

Seri Orang Terkaya di Indonesia (2) – Hashim Djojohadikusumo

Halo Sobat  Studentpreneur! Seri orang terkaya di Indonesia kali ini akan membahas tentang Hashim Djojohadikusumo, seorang pengusaha sukses yang menempati posisi orang terkaya ke 39 di Indonesia versi Majalah Forbes. Jumlah total kekayaan dari Hashim adalah 750 Juta Dollar, atau kalau dirupiahkan mencapai 7,5 Trilliun!! Bagaimana cara Hasim memperoleh kekayaannya tersebut? Sobat Studentpreneur pasti akan belajar tips menjadi pengusaha sukses dengan membaca profil beliau.

Hashim Djojohadikusumo yang saat ini berusia 58 tahun, merupakan anak bungsu dari Soemitro Djojohadikusumo, Begawan ekonomi Indonesia. Ya, beliau juga merupakan saudara kandung dari Prabowo Subianto, calon presiden dari Partai Gerindra. Bakat dari Bapak Soemitro Djojohadikusumo di bidang ekonomi ini benar-benar menurun ke Hashim. Sejak SMP, Hashim telah disekolahkan di luar negeri. Mengenyam pendidikan SMP di London, Hashim melanjutkan jenjang SMA di Singapura dan masa kuliah di Amerika, tepatnya Pmonona College, Claremont University dengan jurusan ilmu politik dan ekonomi.

Bakat dan pendidikan ekonomi yang beliau kuasai langsung dipraktekkan di bank investasi Prancis sebagai analis keuangan. Petualangan bisnis Hashim dimulai dengan Indo Consult yang berhasil dia kembangkan dengan sangat pesat. Berikutnya, Semen Cibinong juga berhasil diakuisisi oleh Hashim, bersamaan dengan penanaman saham di Bank Niaga dan Bank Kredit Asia. Dengan berbagai bisnis yang berlari kencang, Hashim menjadi salah satu konglomerat di Indonesia.

Namun, sebagaimana pebisnis lainnya, Hashim juga sempat mengalami kegagalan. Ketika Indonesia diterpa oleh krisis moneter, tepatnya di sekitar tahun 1998, banyak sekali usaha Hashim Djojohadikusumo yang bangkrut. Keputusan dramatis pun diambilnya. Hashim memilih untuk pergi ke Inggris dan menjalankan bisnisnya di sana. Berat memang, namun insting bisnis Hashim menunjukkan hasilnya. Setelah 9 tahun berjuang keras di Inggris, beliau memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan bahkan menyelamatkan perusahaan Prabowo Kiani Kertas yang berhutang 1,9 Trilliun di Bank Mandiri. Perusahaan tersebut kini telah menjadi miliknya seutuhnya.

Hashim Djojohadikusumo juga melebarkan sayap ke bisnis perkebunan, konsesi hutan, batubara, serta migas di seluruh Indonesia. Melalui berbagai investasi cerdas Comexindo International yang dia miliki, terutama dalam bidang minyak sawit dan karet, Hashim Djodjohadikusumo resmi masuk sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Hebat bukan?

Sobat Studentpreneur, kegiatan beliau tidak berhenti disitu saja. Setelah sukses menunjukkan kepiawaiannya di bidang bisnis serta politik, Hashim Djojohadikusumo juga mendirikan Yayasan Arsari Djojohadikusumo. Yayasan tersebut bergerak di bidang sosial dalam membantu anak-anak yang kurang beruntung pendidikannya. Dikelola secara professional, yayasan tersebut telah berhasil membantu banyak kaum miskin di Indonesia. Nama Arsari sendiri merupakan akronim anak-anak Hashim Djojohadikusumo, yaitu Aryo, Sara, dan Indra.

Terakhir, apa pelajaran yang bisa kita petik dari Hashim yang merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia ini? Pertama, jangan pernah remehkan dampak pendidikan. Hashim menjadi sangat cerdas karena mendapatkan pendidikan kualitas tinggi sejak kecil. Kedua, jangan pernah menyerah ketika mengalami masalah. Keberhasilan Hashim bangkit dari krisis moneter telah menunjukkan sifat pantang menyerah yang luar biasa. Terakhir, ingatlah bahwa hidup ini pasti ada akhirnya. Itulah kenapa Hashim mendirikan yayasan sosial yang tentunya selain membantu sesama, juga merupakan bekal beliau di akhirat.
Ada lagi yang Sobat Studentpreneur pelajari dari sosok Hashim Djojohadikusumo?

- Sumber: http://studentpreneur.co/seri-orang-terkaya-di-indonesia-2-hashim-djojohadikusumo

0 comments:

Post a Comment