Thursday, April 10, 2014

Menengok Perkembangan Peradapan Alat Penuai padi

Menengok perkembangan peradapan alat penuai padi,,
Ketika masa panen tiba,, yang paling bahagia tentunya adalah para petani dan para buruh panen..  kenapa?? Karena masa panen adalah masa penantian selama berbulan – bulan yang akhirnya menjadi nyata..  *Penantian?? Seperti nunggu pacar dating aja yaa.. hehee 

Selama penantian berbulan-bulan itu tentu saja para petani tidak tinggal diam terus tau-tau berbuah,, tetapi butuh kesetiaan dan kecintaan (*seperti anda mencintai dan setia sama pacar anda gituu!!  )untuk mengurus tanaman-tanaman itu mulai dari pembibitan, masa tanam, pengoretan, penyiangan, pemupukan, penyemprotan, pengobatan dan lain-lain sampai dengan masa buah tiba.

Ketika masa buah tiba pun para petani harus tetap selalu setia merawatnya,,  karena dimasa buah itu akan semakin banyak serangan-serangan pengganggu sampai dengan masa panen tiba..  Serangan-serangan itu seperti dari belalang, walang sangit, wereng, bakteri-bakteri pembusuk tangkai, tikus, burung dan lain-lain.
Gimana siih cara memetik hasil panenan-panenan itu?? Pakai alat apa untuk memanennya??.  Alat-alat yang digunakan untuk memanen tersebut  mengalami banyak perkembangan dari masa-masa tradisional nenek moyang kita dulu sampai dengan alat-alat modern berteknologi canggih sekarang ini.

Dulu petani menuai dengan cara di “AniAni”,,  gimana nii aniani yaa??..  AniAni adalah memotong padi dengan menggunakan alat aniani seperti pisau pemes kecil dengan cara memotong satu persatu batang padi-padi tersebut didekat bulir-bulir padi dengan menyisakan batang sedikit agar bias di ikat.. kemudian ikatan-ikatan padi itu di kumpulkan dan dibawa pulang kerumah, dijemur dan dirontokan secara manual yaitu dengan dipukul-pukul menggunakan kayu dalam tumpukan-tumpukan padi tersebut (digebuki). 


Seiring perkembangan istilah “AniAni” mulai ditinggalkan dan berubah cara dengan menggunakan sabit dan gepyok (Sabetan). Dengan cara ini menuai padi dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan cara aniani, dimana batang-batang padi dipotong menggunakan sabit, dikumpulkan dan di tumpuk dalam satu tempat dan dirontokan dengan cara di sabet sabetkan kea pat perontok (sabet) yang biasanya terbuat dari sususan papan, kayu atau batang-batang pohong ukuran sedang..  cara ini sudah lebih baik dari cara AniAni karena selain lebih cepat, hasil yang dibawa pulang juga berupa padi gabah saja tanpa jerami sperti ketika dengan cara AniAni.


Selanjutnya dikenal dengan cara di “Erek”.. Apalagi nii di Erek??.. hahahaa,,,,  Erek adalah sebuah mesin perontok padi yang terbuat dari kayu, papan, paku, baling-baling perontok dan bahan pelengkap lainnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah alat perontok. Dimana padi di sabit seperti metode gepyok/sabet dan dikumpulkan serta ditumpuk dalam suatu tempat lalu dirontokan dengan mesin tradisional Erek dengan cara menggenjot alat tersebut  untuk memutar baling-baling perontok dan merontokan padi-padi tersebut.. Cara ini juga sudah lebih baik dari cara gepyok atau sabet karena tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit.


Seiring perkembangannya,, mesin Erek yang sebelumny digenjot untuk memutar baling-baling perontok, kemudian ide muncul untuk memutar baling2 perontok mesin Erek dengan mesin motor/diesel, sehingga petani/buruh penuai  setelah memotong dan menumpuk padi tinggal merontokan padi dengan baling-baling perontok yang sudah diputar dengan mesin motor diesel. Cara ini jauh lebih baik untuk menghemat tenaga dan waktu.


Perkembangan semakin maju,, mesing Erek mulai ditinggalkan sebagian petani dengan munculnya mesin alat perontok padi,, dengan harga yang sudah terjangakau oleh sebagian petani, maka dengan mesin ini pekerjaan akan lebih efisien. Hasil panen lebih cepat selesai di panen sehingga mengurangi telat manen atau teklok (*bahasa jawa untuk mengistilahkan batang-batang padi yang sudah menua dan membusuk sehingga tidak bisa berdiri tegak). 


Teknologi semakin canggih,, Akhir-akhir ini muncul banyak peralatan-peralatan pertanian yang serba canggih.. Petani makin tertolong,  bagi sebagian dari mereka yang mampu membeli mesin-mesin berteknologi canggih tersebut, memetik hasil panen makin mudah dan tidak perlu terlalu memporsir tenaga karena mesin-mesin canggih tersebut mampu memotong sekaligus merontokan dan membersihkan hasil padi-padi tersebut. Mesin tersebut hanya membutuhkan seorang operator untuk menjalankan seperti halny menjalankan mesin traktor atau mobil dengan dibantu beberapa orang untuk memudahkan dalam menjalankan mesin tersebut.




2 comments:

  1. trimakasih infonya...
    sangat menarik dan bermanfaat..
    salam sukses...

    ReplyDelete
  2. Kami akan membantu Anda dalam pengajuan KTA dan KARTU KREDIT sehingga bisa disetujui, GRATIS tanpa dipungut biaya sama sekali.
    persyaratan untuk pengajuan KTA ialah
    KTP
    Kartu Kredit limit min 6 juta dan sudah berjalan 1 tahun
    pemakaian limit jangan di bawah 405 dan tidak ada keterlambatan pembayaran selama 6 bulan
    tidak terkena kredit macet baik di bank,leasing,bpr dan lembaga keuangan lain nya, dana cair 2-3 kali limit kartu kredit anda
    telp rumah atau saudara wajib telp kabel
    telp kabel kantor wajib
    NPWP
    Cover rekening tabungan
    persyaratan untuk pengajuan kartu kredit
    fc ktp
    npwp
    slip gaji min 3.5 juta perbulan
    telp rumah atau saudara wajib dan telp kabel kantor wajib
    khusus pengusaha wajib memiliki kartu kredit usia min 3 bulan
    dan segera email ke roolyutomo@gmail.com , setelah semua data dan dokumen kami terima, kami akan melakukan konfirmasi serta ferifikasi ulang, . Setelah semuanya lengkap dan semua nomor telepon bisa dihubungi, pengajuan Anda segera kami masukkan ke bagian proses. Proses KTA , membutuhkan waktu 14-20 hari kerja hari kerja. Proses akan semakin cepat, kalau semua nomor telepon bisa dihubungi. Aktifkan nomor telepon ketika proses berlangsung.
    Jaga Kartu Kredit yang menjadi referensi pengajuan KTA, selama proses berlangsusng, bayar dulu kartu kredit Anda sehingga masih tersisa limit 50%. Sabar, selama 7 hari, kartu kredit Anda jangan digunakan dulu.
    Jika pengajuan KTA disetujui, dana akan langsung ditransfer ke rekening bank Anda.
    Ajukan segera KTA Anda, kami akan membantu semasimal mungkin sehingga pengajuan Anda bisa disetujui. Demikian tentang kami,berkas aman 100% , alamat kantor di gedung bank anz pandanaran semoga bermanfaat untuk Anda.
    Anda juga bisa menghubungi kami melalui :
    Telepon/sms/wa/kakao/line
    GSM : 085600125176
    pin : 5CE06341
    email : roolyutomo@gmail.com
    Facebook : rooly utomo

    ReplyDelete