Wednesday, January 27, 2010

Tips Aman Bertransaksi Via ATM

Tips Aman Bertransaksi Via ATM


Masyarakat pun memiliki caranya masing-masing untuk mengamankan tabungan mereka.

Pembobol Gunakan Copyan ATM

VIVAnews - Kasus pembobolan ATM sejumlah bank di tanah air terus menjadi pembicaraan hangat. Ruby Z Alamsyah, pakar forensik kejahatan teknologi informasi, bahkan sempat memperagakan cara penjahat melakukan pembobolan ATM di televisi.Masyarakat pun memiliki caranya masing-masing untuk mengamankan tabungan mereka agar tidak dibobol.
Mereka membagi tipsnya di Yahoo!Answer, Selasa 26 Januari 2010.Moeryanto M, misalnya, memiliki tips agar mengambil uang di ATM yang berada di tempat ramai. Seperti di mall, supermarket, atau ATM yang dijaga satpam. "Jangan menggunakan satu tempat saja atau berpindah-pindah. Awasi juga sekitar box ATM kalau ada yang aneh, pindah tempat lain."Nu Noe, memiliki enam tips aman dalam bertransaksi di ATM.
Langkah pertama, adalah sebaiknya melihat sekeliling terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.Langkah kedua, lihat sekeliling anda apakah ada CCTV atau tidak. Jika ada, pastikan itu adalah CCTV resmi dari pihak bank terkait. Terkadang ada CCTV yang dipasang oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
Langkah selanjutnya, lihat juga tempat ketika anda akan memasukkan kartu ATM anda. Coba senggol sedikit, apakah ada gerakan yang mencurigkan atau terjadi sedikit pergeseran?Langkah keempat, pada saat melakukan transaksi hendaknya ketika menekan nomor PIN salah satu tangan menutup tangan yang akan menekan tombol tersebut.
Langkah lainnya, Setelah melakukan transaksi di ATM jangan langsung meninggalkan tempat untuk beberapa menit (5 menit). Karena akan ada beberapa orang yang menggunakannya yang akan merubah PIN yang semula dimasukkan oleh ATM kita.Dan langkah terakhir adalah, jika sudah merasa nyaman dan aman serta tidak mencurigakan, silakan tinggalkan tempat trasnsaksi ATM tersebut.
Andi Ilopuz juga berbagi tips cara aman bertransaksi ATM di Yahoo!Answer. Menurutnya, jika ingin ke ATM sebaiknya sertakan keluarga."Lihat juga apa ada CCTV atau tidak dan jika ingin menarik uang banyak, jangan di ATM, mending langsung ke banknya saja."Robert, juga mengimbau agar mencari ATM yang ada di dalam area bank atau cari ATM yg ada penjaganya. "Insya Alloh transaksi anda akan aman dan lancar dari gangguan apapun," kata Robert.Hart, juga mengusulkan agar sebelum memasukkan kartu ke mesin ATM, sebaiknya masyarakat berhati-hati dengan melihat sekitar.
Lindungi saat akan memencet pin, dan setelah transaksi, ganti pin dengan karakter yang cukup banyak dan mudah dihafal.Barto juga mengusulkan hal yang sama. Masukan lagi ATM lalu tekan PIN sembarang, lalu pilih jenis transaksi. Sebelum transaksi akhir tekan cancel. Kalau ada perekam nomer PIN di situ, dia hanya akan merekam PIN ngawur yang terakhir itu.
Thanks mudah-mudahan manjur.Dan, Hitam Putih, mengimbau, "Sebaiknya setiap mesin ATM menggunakan kamera jadi setiap orang yang bertransaksi dapat terdeteksi wujudnya. Setiap ATM memberikan konfirmasi via sms, jadi setiap transaksi nasabah bisa mengetahui saldo mereka."

0 comments:

Post a Comment