Saturday, January 30, 2010

Membuat Link (1)

Dalam dunia blog, tentu anda tidak asing lagi dengan yang namanya link. Apabila anda seorang blogger (neter blogger gitu!!), tentu saja membuat link adalah wajib. Berbeda dengan website pada umumnya, di dunia per blog-an ada yang namanya link exchange atau bertukar link dengan blog lain, jadi kalau anda tidak bisa membuat link, ini dapat berakibat anda akan di asingkan alias di cuekin oleh blogger lainnya karena di anggap pelit dan tidak mau bertukar link. Dalam topik membuat link ini, Oi akan mengulasnya dalam beberapa sub bagian yaitu :

Link pada posting-an

Jika temen-temen blogger membuat sebuah artikel untuk di posting, lalu di dalam nya ingin di buatkan sebuah link, misalkan artikel tersebut bercerita tentang kemajuan bisnis online yang temen-temen ikuti pada sebuah website di internet atau tip-tip jitu mendapatkan uang dari iternet, dan terpikir oleh temen-temen intuk mengajak para pembaca artikel tersebut berkunjung ke website yang temen-temen ceritakan. Misalkan dalam artikel tersebut ada kata–kata seperti Jika anda tertarik silahkan anda klik disini, nah untuk membuat link dari kata-kata tersebut silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Highlight (blog) kata-kata yang ingin di buat link, contoh di atas adalah klik disini.


  2. Klik ikon yang bergambar seperti ini yang berada pada toolbar, maka setelah itu akan muncul tulisan http:// pada window baru.

  3. Isi kotak yang ada tulisan tersebut dengan alamat situs yang temen-temen inginkan, misalkan : http://kumpulblogger.com/minibanner_desc.php?refid=125558

  4. Klik OK. Selesai


Link dengan window baru

Mungkin temen-temen berpikir, jika temen-temen membuat sebuah link trus pembaca mengkliknya, temen-temen khawatir kalau pengunjung blog kita akan meninggalkan blog kita. Untuk meminimalisasi hal tersebut, bisa kita lakukan dengan cara membuat window baru, jadi ketika pengunjung mengklik salah satu link yang kita buat, halaman blog kita tidak akan tertimpa dengan halaman baru tapi yang terjadi adalah halaman blog anda tetap ada dan halaman yang baru di klik akan muncul terpisah. Untuk membuat link seperti itu dapat di lakukan dengan cara :

  1. Apabila sudah melakukan cara membuat link seperti keterangan diatas, klik menu Edit HTML tab yang ada pada toolbar.


  2. Pada tulisan yang kita link tadi akan muncul kode seperti ini ( contoh tulisan klik disini di link ke http://kumpulblogger.com/minibanner_desc.php?refid=125558:

    klik disini

    maka disini anda harus menambahkan embel-embel kode HTML target="new' ataupun target="_blank" pada awal ataupun akhir kode tersebut .

Buat Links di sidebar

Bila temen-temen berkeinginan membuat link kepada teman bloger yang lain di sidebar, cara termudah adalah seperti ini : ( khusus untuk template klasik)

  1. Sign in di blogger dengan id anda

  2. Klik menu TEMPLATE

  3. Klik Edit HTML

  4. Klik Edit

  5. Klik Find (on this page)… --> untuk mempercepat pencarian


  6. find


  7. Tuliskan kata dimana anda ingin tempatkan, contoh di blog saya adalah Links para sahabat, klik Find


  8. Tuliskan link yang anda inginkan, contoh jika anda ingin membuat link ke blog saya, maka kode yang di tulis adalah :



  9. Blog Tutorial



  10. Klik Save Template Changes. Selesai


Sedikit clue untuk mengingat kan temen-temen blogger pemula khusunya. Jika temen-temen sedang mengotak-atik kode Template sebaiknya sebelum di obrak-abrik, alangkah baiknya jika mengcopy terlebih dahulu seluruh template ke dalam notepad, ini untuk jaga-jaga apabila anda melakukan kesalahan, anda bisa mengembalikan kesemula karena sudah mempunyai backup data template tersebut. Atau bisa juga sebelum anda klik Save Template Changes sebaiknya anda klik terlebih dahulu tombol preview untuk melihat perubahan yang temen-temen lakukan, apabila temen-temen sudah cocok dan mantap dengan perubahan tersebut baru di save Template Changes.

oke... silakan mencoba!!.. :-)


0 comments:

Post a Comment