Wednesday, May 14, 2014

Pembobolan ATM Bank Kian Marak, Nasabah Hati-Hati!!.. Tumbuh Krisis Kepercayaan Nasabah.

 Semakin maraknya berita pembobolan ATM bank, seperti yang belakangan terjadi pada Bank Mandiri membuat nasabah harus melek mata dan lebih berhati-hati dalam penggunaan ATM. Kejadian-kejadian yang kian marak menumbuhkan krisis kepercayaan terhadap Bank-Bank yang ada di indonesia. Bagaimana sebenarnya pembobolan-pembobolan itu dilakukan??. Bagaimana para pelaku kejahatan itu meretas sistem keamanan bank??.

Untuk mengungkap kejahatan tersebut, masih terus dikembangkan sistem dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Sasaran rekening-rekening yang dibobol biasanya adalah rekening-rekening yang sering melakukan transaksi melalui ATM atau sistem debet dengan  menggunakan EDC, dimana pada saat nasabah menggesekan kartu ATMnya disitulah Skimming bekerja meretas dan menduplikat nomer rekening dan pin kemudian mengirimkan kesistem para skimmer.

Ada beberapa ATM yang sengaja dikerjain para skimmer dengan memasang alat skimming yang bentuknya mungkin sangat mini sehingga sampai tidak terdeteksi kamera CCTV saat para skimmer memasang alat tersebut dan juga tidak tampak oleh para pengguna ATM jika tidak meneliti secara detail. Jadi kita sebagai nasabah wajib berhati-hati saat menggunakan ATM jangan sampai kita menjadi korban modus-modus kejahatan tersebut.

Kemungkinan adanya Merchant/Vendor seperti super market, toko-toko online dll yang nakal atau mungkin bekerjasama dengan para skimmer, dimana saat kita melakukan pembayaran dengan Debet ATM, ketika kita menggesekan kartu Debet kita kemudian data-data kita terekam dan digunakan untuk skemming, kejahatan, penipuan atau penarikan dana nasabah. Maka kitapun wajib berhati-hati dalam menggunakan alat-alat pembayaran ini. Alat-alat tersebut memang memudahkan kita dalam bertransaksi, tetapi kalau akhirnya data-data kita disalahgunakan untuk kepentingan pribadi para skimmer tentu bukan memudahkan kita melainkan malah merugikan kita.


ooOOoo

0 comments:

Post a Comment